Aura
positif terus kami rasakan terkait dengan keberadaan Tabloid NUsa. Dari hari ke
hari, kami semakin merasakan kalau warga NU Tuban semakin menyatu dengan
keberadaan NUsa. Beberapa pembaca mengungkapkan bahwa NUsa semakin enak di
baca. ‘’Semakin menarik,’’ ungkap Muhlasin, dosen STITMA Tuban yang sudah lama
berlangganan NUsa.
Namun,
di tengah-tengah makin cintanya masyarakat, khususnya warga NU Tuban kepada
NUsa, ada satu persoalan pelik yang belum berhasil kami pecahkan, yakni, soal
distribusi atau pemasaran. Hingga kini, kami belum memiliki tim distribusi (pemasaran)
yang handal, berdedikasi dan cekatat. Akibatnya, banyak pelanggan yang komplain
gara-gara tidak mendapatkan NUsa.
Sungguh
kenyataan itu patut disayangkan. Seperti sering kami singgung, bahwa pilar yang
menopang sebuah media cetak adalah tiga hal, yakni, redaksi, iklan dan
pemasaran (distribusi masuk di bagian ini). Untuk pilar pertama dan kedua,
insya Allah kami sudah lebih baik. Namun, untuk yang ketiga rasanya masih
sangat kurang.
Terkait
dengan kenyataan di atas, saat menggelar Rapat Redaksi pada Selasa (30/9) lalu,
kami secara khusus membahas persoalan tersebut. Dari pembahasan tersebut
disimpulkan bahwa salah satu kelemahan di bidang pemasaran adalam minimnya
anggaran yang kami miliki untuk dana operasional. Karena itu, pencarian dana
dinilai menjadi salah satu alternatif yang bisa diambil.
Dari sekian alternatif penggalian dana,
menaikkan harga NUsa menjadi salah satu pilihan yang dianggap tepat. Sebab,
sejak awal terbit pada April 2012 harga tabloid masih tetap Rp 5 ribu. Padahal,
ongkos cetak sudah berkali-kali naik. Kenaikan ongkos cetak ini terkait erat
dengan penurunan atau inflasi nilai tukar rupiah atas dollar Amerika. Jadi,
mulai bulan ini eceran NUsa yang semula Rp 5 ribu menjadi Rp. 6 ribu. Sedang
untuk langganan satu tahun, dari Rp 60 ribu menjadi Rp 70 ribu.
Perubahan
harga NUsa ini, hakekatnya tidak tepat kalau disebut sebagai kenaikan. Lebih
tepatnya disebut sebagai penyesuaian. Karena itu, kami berharap warga NU yang
selama ini menjadi pelanggan NUsa bisa memahami kebijakan tersebut. Kami
berharap, dengan penyesuaian harga itu, pemasaran yang selama ini kurang
tertangani dengan baik, bisa diperbaiki kondisinya. Semoga!
Semoga
Kepedulian dan keikhlasan terpancar pada
diri kita
0 komentar:
Posting Komentar